Pelatihan Kurikulum Merdeka Bagi Pendidik PAUD di Kelurahan Wirobrajan

(Februari/20) wirobrajankel.jogjakota.go.id - Bertempat di Gedung Serbaguna Kelurahan Wirobrajan, pada hari Kamis di tanggal 20 Februari 2025 telah dilaksanakan Pelatihan Kurikulum Merdeka bagi pendidik PAUD di Kelurahan Wirobrajan. Acara tersebut dipimpin oleh Sekretaris Kelurahan Wirobrajan Bapak Rizky Rizaldi, S.T yang mewakili Lurah Wirobrajan dan didampingi oleh Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan Ibu Jayanti Wahyuningsih serta Narasumber dari HIMPAUDI Kemantren Wirobrajan Ibu Naning Listiyaningsih dan Yuyun Evy Hartuti. Kegiatan berlangsung selama 2 hari. 

Pelatihan Kurikulum Merdeka bagi pendidik PAUD di kelurahan bertujuan untuk memperkenalkan dan mengimplementasikan kurikulum yang menekankan pada pengembangan karakter, kreativitas, dan potensi anak secara holistik. Ini adalah bagian dari upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan di tingkat pendidikan anak usia dini (PAUD).

Beberapa langkah yang bisa dilakukan dalam pelatihan Kurikulum Merdeka di tingkat PAUD di kelurahan antara lain:

  1. Pengenalan Konsep Kurikulum Merdeka:

    • Memberikan pemahaman tentang filosofi dan tujuan dari Kurikulum Merdeka, yang memberikan kebebasan kepada pendidik untuk mengembangkan dan menyesuaikan materi ajar sesuai dengan kebutuhan dan potensi anak.
    • Penekanan pada prinsip pembelajaran berbasis anak, yang mendorong anak untuk aktif, kreatif, dan berpikir kritis.
  2. Peningkatan Kompetensi Pendidik:

    • Mengadakan workshop atau seminar untuk meningkatkan pengetahuan pendidik PAUD mengenai Kurikulum Merdeka, baik dari segi teori maupun praktik.
    • Latihan tentang cara merancang kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan prinsip Kurikulum Merdeka, seperti pengintegrasian kegiatan yang melibatkan permainan dan aktivitas fisik yang kreatif.
  3. Penyusunan Rencana Pembelajaran:

    • Pendampingan untuk merancang rencana pembelajaran yang fleksibel, berbasis pada potensi dan kebutuhan masing-masing anak.
    • Mengajarkan cara menggunakan pendekatan berbasis proyek, yang memungkinkan anak untuk mengeksplorasi dan belajar melalui pengalaman nyata.
  4. Pemberdayaan Komunitas:

    • Mengajak orang tua dan masyarakat sekitar untuk terlibat dalam proses pendidikan anak, menciptakan lingkungan yang mendukung perkembangan anak.
    • Penyuluhan kepada orang tua mengenai pentingnya mendukung perkembangan anak di rumah sesuai dengan prinsip Kurikulum Merdeka.
  5. Evaluasi dan Refleksi:

    • Mengadakan sesi evaluasi untuk mengevaluasi hasil pelatihan dan implementasi Kurikulum Merdeka.
    • Memberikan ruang bagi pendidik untuk berbagi pengalaman dan tantangan yang dihadapi dalam melaksanakan kurikulum ini, serta mencari solusi bersama.

Pelatihan ini dapat dilakukan dengan melibatkan berbagai pihak, seperti Dinas Pendidikan, tenaga ahli pendidikan, serta komunitas PAUD di kelurahan, untuk memastikan keberhasilan implementasi Kurikulum Merdeka di tingkat PAUD. (r12ky)