Penyerahan Seragam Bregada Wirobrajan dan Bregada Ketanggungan di Kelurahan Wirobrajan

(Agustus/27) wirobrajankel.jogjakota.go.id - Bertempat di Gedung Serbaguna Kelurahan Wirobrajan, pada hari Kamis tanggal 22 Agustus 2024, sebagai bagian dari Pemberdayaan Masyarakat pada tahun anggaran 2024. Kelurahan Wirobrajan bersama LPMK mengadakan serah terima Seragam Bregada untuk Kampung Ketanggungan dan Kampung Wirobrajan. Acara diikuti oleh perwakilan anggota Kampung masing-masing. Acara dibuka oleh sambutan dari Lurah Wirobrajan Ibu Sri Suwardani, S.Sos yang menyampaikan bahwa Seragam tersebut dapat digunakan untuk acara Budaya yang ada di wilayah Kelurahan Wirobrajan dan menjadi simbol keberadaan Bregada di wilayah.

Nama Bregada Wirabraja berasal dari kata wira dan braja. Kata wira berarti berani, dan braja berarti tajam. Secara filosofis Wirabraja berarti prajurit yang sangat berani dan tajam panca inderanya. Mereka selalu peka dengan keadaan, pantang menyerah dalam membela kebenaran, dan pantang mundur sebelum musuh dikalahkan.

Klebet prajurit Wirabraja adalah Gula-klapa. Berbentuk empat persegi panjang dengan warna dasar putih, pada setiap sudut dihias dengan chentung berwarna merah seperti ujung cabai merah (kuku Bima). Di tengahnya terdapat segi empat berwarna merah dan segi delapan berwarna putih pada bagian dalamnya. Gula-klapa berasal dari kata gula dan kelapa. Gula yang dimaksud adalah gula Jawa yang berwarna merah. Sedang kelapa berwarna putih. Klebet ini memiliki makna bahwa Wirabraja adalah pasukan yang berani membela kesucian dan kebenaran.

Senjata yang digunakan oleh anggota Bregada Prajurit Wirabraja adalah tombak (waos) dan senapan. Tombak pusakanya bernama Kanjeng Kiai Slamet dan Kanjeng Kiai Santri dengan bentuk ujung (dapur) yang dinamakan Manggaran/ Catursara/ Crengkeng. Pada saat berjalan cepat (mars) Bregada Prajurit Wirabraja diiringi dengan Gendhing Dhayungan. Apabila berjalan lambat (lampah macak) akan diiringi dengan Gendhing Reta Dhedhali. (r12ky)