Workshop Kesehatan Jiwa dan Raga Lansia Kelurahan Wirobrajan

(Agustus/19) wirobrajankel.jogjakota.go.id - Bertempat di Gedung Serbaguna Kelurahan Wirobrajan, pada hari Selasa di tanggal 13 Agustus 2024, telah dilaksanakan Workshop Kesehatan Jiwa dan Raga Lansia untuk warga Kelurahan Wirobrajan khususnya yang tergabung dalam Forum Komisi Lansia Wira Lestari Kelurahan Wirobrajan. Acara tersebut dipimpin oleh Lurah Wirobrajan Ibu Sri Suwardani, S.Sos dan didampingi oleh narasumber dari RSUP Dr Sardjito, Fakultas Kedokteran Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan UGM Bapak Dr. dr. Probosuseno, SpPD, K-Ger, SE, MM, AIFO-K yang menyampaikan materi pertama dengan tema "Kiat menua yang sehat bahagia - Penuaan sehat - Sehat raga sehat jiwa sehat sosial".

Lansia sehat adalah lansia yang mampu menyesuaikan diri terhadap perubahan fisik mereka dan lingkungan sosialnya. Klasifikasi lansia diantaranya, lansia dini (55-64), lansia (65 tahun keatas), dan lansia resiko tinggi (70 tahun keatas) Mengapa lansia harus memiliki mental yang sehat? Pentingnya Kesehatan Mental bagi Lansia Kesehatan mental merupakan bagian penting dari kesehatan yang tidak boleh diabaikan, terlebih pada usia lanjut. Lansia seringkali mengalami masalah kesehatan mental seperti depresi, kecemasan, gangguan tidur, kehilangan semangat hidup, hingga demensia .Kualitas hidup lansia merupakan tingkat kesejahteraan dan kepuasan dengan peristiwa atau kondisi yang dialami lansia, dipengaruhi penyakit atau pengobatan. Kualitas hidup pada lansia ini bisa didapatkan dari kesejahteraan hidup lansia, emosi, fisik, pekerjaan, kognitif serta kehidupan sosial. 

Acara dimulai dengan para peserta pertemuan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh para narasumber. Acara diikuti oleh peserta Anggota Komisia Lansia Wira Lestari tiap RW di wilayah Kelurahan Wirobrajan, Babinsa dan Bhabinkamtibmas. (r12ky)