Workshop Sosialisasi Kewaspadaan Dini FKDM Kelurahan Wirobrajan

(Agustus/19) wirobrajankel.jogjakota.go.id - Bertempat di Gedung Serbaguna Kelurahan Wirobrajan, pada hari Senin di tanggal 12 Agustus 2024, telah dilaksanakan Workshop Sosialisasi Kewaspadaan Dini untuk warga Kelurahan Wirobrajan khususnya yang tergabung dalam Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat Kelurahan Wirobrajan. Acara tersebut dipimpin oleh Kasie Pemerintahan Ketentraman dan Ketertiban Bapak Imam Kusno, SH dan didampingi oleh narasumber dari Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Yogyakarta Bapak B Joni Ismoyo, S.IP dan Bapak Utomo yang menyampaikan materi pertama dengan tema "Peran FKDM di tingkat Kelurahan dalam rangka deteksi dini dan cegah dini potensi konflik".

Tugas dan Fungsi FKDM : menjaring, menampung, mengoordinasikan, dan mengomunikasikan data serta informasi dari masyarakat mengenai potensi ATHG; memberikan laporan informasi dan rekomendasi sebagai bahan pertimbangan Tim Kewaspadaan Dini Pemerintah Daerah di tingkat Kelurahan maupun tingkat Kemantren. Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Merupakan wadah bagi elemen masyarakat yang dibentuk dalam rangka menjaga dan memelihara kewaspadaan dini masyarakat. Kewaspadaan Dini adalah serangkaian upaya/tindakan untuk menangkal segala potensi ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan dengan meningkatkan pendeteksian dan pencegahan dini.

Acara dimulai dengan para peserta pertemuan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh para narasumber. Acara diikuti oleh peserta Anggota FKDM tiap RW di wilayah Kelurahan Wirobrajan, Babinsa dan Bhabinkamtibmas. (r12ky)