Kampanye GEMARIKAN di Kelurahan Wirobrajan

(Juni/19) wirobrajankel.jogjakota.go.id - Bertempat di Gedung Serbaguna Kelurahan Wirobrajan, pada hari Rabu di tanggal 12 Juni 2024, telah berlangsung kegiatan Kampanye Gemarikan dari Dinas Kelautan dan Perikanan DIY. Acara tersebut dipimpin oleh Lurah Wirobrajan Ibu Sri Suwardani, S.Sos dan didampingi oleh Ketua PKK Kelurahan Wirobrajan Ibu Dewi Riesdya. Acara dimulai dengan para peserta pertemuan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh para narasumber.

Gerakan memasyarakatkan makan ikan (GEMARIKAN) adalah salah satu upaya pemerintah dalam meningkatkan tingkat konsumsi ikan masyarakat Indonesia. Ikan merupakan salah satu sumber nutrien penting bagi manusia khususnya bagi anak-anak. Kelurahan Wirobrajan merupakan salah satu wilayah di Kota Yogyakarta yang mengedepankan tidak hanya prestasi tetapi juga kesehatan warga di wilayahnya. Akan tetapi, sosialisasi mengenai pentingnya konsumsi ikan bagi masyarakat masih belum dilakukan. Kampanye ini bertujuan untuk mengenalkan GEMARIKAN kepada masyarakat beserta pelatihan pengolahan daging ikan menjadi kreasi makanan yang menarik bagi warga.

Kampanye Gemarikan juga mempunyai tujuan untuk menurunkan angka stunting di DIY. Ikan dapat menjadi salah satu solusi bagi permasalahan gizi di masyarakat, karena ikan mengandung protein, karbohidrat, vitamin, mineral, serta asam lemak omega 3, 6, dan 9. Kandungan asam amino dan omega 3 pada ikan jauh lebih baik dibandingkan dengan sumber protein lainnya.

Kampanye Gemarikan merupakan tanggung jawab bersama bukan hanya pemerintah, tetapi juga para pelaku usaha perikanan dalam rangka mendukung peningkatan konsumsi ikan di masyarakat. Kampanye Gemarikan juga dapat memberikan dampak positif terhadap industri atau pelaku usaha perikanan dan kelautan, terutama bagi nelayan dan pembudidaya ikan dalam peningkatan pendapatan dan kesejahteraan. (r12ky)