Musrenbang Kelurahan Wirobrajan 2024 dengan tema

Kata musrenbang merupakan singkatan dari Musyawarah Perencanaan Pembangunan. Kata musyawarah berasal dari Bahasa Arab yang menggambarkan bagaimana warga saling berdiskusi memecahkan masalah konflik dan juga problem di masyarakat. Musrenbang, oleh karena itu, identik dengan diksusi di masyarakat / kelurahan tentang kebutuhan pembangunan daerah.

Musrenbang merupakan agenda tahunan di mana warga saling bertemu mendiskusikan masalah yang mereka hadapi dan memutuskan prioritas pembangunan jangka pendek. Ketika prioritas telah tersusun, kemudian di usulkan kepada pemerintah di level yang lebih tinggi, dan melalui badan perencanaan (BAPPEDA) usulan masyarakat dikategorisasikan berdasar urusan dan alokasi anggaran. Musrenbang di kelurahan dilaksanakan selama bulan Januari.

Proses penganggaran partisipatif ini menyediakan ruang bagi masyarakat untuk menyuarakan kebutuhan mereka pada pihak pemerintah. Proses Musrenbang juga terjadi di leval kecamatan dan kota demikian pula di provinsi dan nasional. Musrenbang merupakan pendekatan bottom-up di mana suara warga bisa secara aktif mempengaruhi rencana anggaran kota dan bagaimana proyek-proyek pembangunan disusun.

Musrenbang Kelurahan Wirobrajan 2024 dilaksanakan pada tanggal 18 Januari 2024 di Aula Kampus III SMA Muhammadiyah 3 Wirobrajan dengan mengusung tema "Pemantapan Pembangunan Manusia dengan Dukungan Layanan Publik Berkualitas untuk Kesejahteraan Masyarakat"

Dengan adanya Musrenbang ini diharapkan Pihak Pemerintah Kota dalam hal ini Kelurahan Wirobrajan dapat menampung berbagai aspirasi ataupun usulan dari masyarakat terkait dengan kegiatan fisik pembangunan sampai dengan Pemberdayaan Masyarakat di Wilayah, ujar Lurah Wirobrajan Sri Suwardani, S.Sos.  Selanjutnya Bu Dani juga berharap masyarakat wilayah Kelurahan Wirobrajan ikut mendukung dalam kegiatan di Kelurahan, baik dalam pekerjaan fisik maupun non fisik.

Kegiatan dihadiri oleh Mantri Pamong Praja Kemantren Wirobrajan Bapak Sarwanto, S.I.P. M.M., Lurah Kelurahan Wirobrajan Sri Suwardani, S.Sos., Babinsa, Bhabinkamtibmas Aiptu Sumaryanto, Ketua LPMK, Kepala Kampung, Jaga Warga, Forum Lembaga Kemasyarakatan dan 11 Instansi Pemerintah Kota yang ikut secara daring melalui aplikasi Zoom.