Pelatihan Tour Guide Kelurahan Wirobrajan

(Wirobrajan,09/05/2023) Tour guide adalah profesi di bidang pariwisata yang memiliki tanggung jawab mendampingi wisatawan dalam rangka memberikan penjelasan serta bimbingan terhadap destinasi wisata yang hendak dituju. Oleh karena itu, seorang tour guide harus memahami detail dan informasi destinasi wisata yang hendak dikunjungi. Umumnya, tour guide berasal dari daerah wisata yang bersangkutan.

Adapun beberapa tugas dan tanggung jawab tour guide adalah sebagai berikut:

1. Pembelajaran

Seorang tour guide biasanya harus memiliki pengetahuan substansial mengenai tujuan, rentang waktu, serta aktivitas yang dapat dilakukan selama berwisata. Tak jarang dijumpai seorang tour guide harus melalui pelatihan formal untuk menjadi pemandu wisata andal, termasuk belajar bahasa asing. Selain karena memiliki tugas membantu wisatawan, seorang tour guide diharapkan mampu mengumpulkan informasi yang mungkin menarik atau menguntungkan wisatawan.

2. Menyambut wisatawan

Tour guide adalah seseorang yang setidaknya harus mampu terhubung dengan para tamu yang dipandu, terlepas dari berapa lama tour berlangsung. Oleh karena itu, tour guide biasanya memulai dengan perkenalan kepada wisatawan dan mengumumkan awal tour sebagai bentuk penyambutan.

3. Menyediakan materi

Beberapa tur dapat berupa materi pembelajaran, seperti wisata edukasi. Karena itu, seorang tour guide biasanya juga harus menyediakan materi, termasuk brosur, peta, atau rekaman audio. Terkadang, seragam khusus mungkin diperlukan sebagai tanda anggota kelompok. Tour guide juga harus memastikan bahwa wisatawan dapat mengakses ke persediaan yang diperlukan serta memelihara peralatan yang ada setelah digunakan.

4. Memandu dan memberikan informasi

Sudah menjadi tugas tour guide untuk memandu wisatawan saat liburan. Tanggung jawab utamanya adalah memimpin kelompok dan individu dalam tur serta memberikan informasi terkait destinasi wisata yang dikunjungi. Panduan untuk memetakan rute akan sangat diperlukan sebelum tur dimulai dan harus sudah disediakan. Selain itu, seorang tour guide juga diharapkan mampu menyajikan fakta menarik seputar lokasi yang mereka lewati sepanjang perjalanan.

5. Menerjemahkan

Tour guide adalah seseorang yang diharapkan juga mampu menerjemahkan bahasa asing ke lokal atau sebaliknya. Meskipun tidak selalu menjadi persyaratan, tetapi jika pemandu memahami bahasa tersebut akan sangat membantu aktivitas wisatawan. Beberapa pekerjaan tour guide mungkin mengharuskan pemandu mampu berbahasa bilingual sehingga mereka dapat menjelaskan komunikasi tertulis, berinteraksi dengan penduduk setempat, dan berkomunikasi dengan berbagai pelanggan.

6. Penjadwalan

Beberapa tur memerlukan seorang tour guide untuk membeli tiket, membuat reservasi, dan bekerja dalam batasan waktu tertentu. 
Oleh karena itu, cukup penting bagi tour guide untuk merencanakan perjalanan terlebih dahulu sehingga dapat mengantisipasi masalah atau akomodasi khusus.