Pantib For School, Pelajar SMP Dilarang Mengendarai Motor di Jalan Raya Serta Bijak Mengunakan Internet (Handphone)

Yogyakarta,- Babinsa Koramil 10/Wirobrajan Kodim 0734/Kota Yogyakarta bersama Bhabinkamtibmas Polsek Wirobrajan memberikan penyuluhan tentang ketertiban berlalu lintas di jalan raya dan bijak dalam menggunakan internet (Handphone), terhadap siswa siswi SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta dalam kegiatan Pantib For School yang diselenggarakan oleh Satpol PP Kota Yogyakarta, di Aula SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta Jln Kapten Piere Tendean No.19 Kelurahan Wirobrajan, Kemantren Wirobrajan Kota Yogyakarta, Kamis (16/03/2023).

Hadir dalam kegiatan tersebut Kasi Binpotmas Satpol PP Kota Yogyakarta, Lurah Kelurahan Wirobrajan, Babinsa Koramil 10/Wirobrajan, Bhabinkamtibmas Polsek Wirobrajan, Kepala Bagian Kesiswaan SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta, serta perwakilan Siswa/Siswi SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta. 

Dalam penyuluhan itu, Aipda Sumaryanto, SH Bhabinkamtibmas Polsek Wirobrajan mengatakan sebagian besar dari penguna jalan raya rata-rata anak sekolah.
"Anak di bawah umur 17 tahun atau yang belum memiliki SIM, dilarang menggunakan kendaraan di jalan raya.

Jadi, peran orang tua dari murid harus selalu melarang anaknya untuk tidak menggunakan kendaraan bermotor di jalan raya.
Lebih aman dan lebih baik, kalau orang tua yang mengantarkan anak-anaknya. Karena anak-anaknya masih di bawah umur dan belum punya SIM, dilarang mengendarai sepeda motor sendiri di jalan raya," jelasnya. 

Kami juga minta pihak sekolah memanggil orang tua atau wali murid jika masih didapati pelajar membawa motor. Sedangkan pelajar yang dibonceng orang tua, juga wajib menggunakan helm," tandas Aipda Sumaryanto.

Ditempat yang sama Babinsa Kelurahan Wirobrajan Koramil 10/Wirobrajan Serda Tri Maryaka juga menjelaskan tentang penggunaan internet (Handphone) dan media sosial dengan sehat, aman dan positif.

Dalam kegiatan Pantib For School di SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta kami mengedukasi dengan memberikan pemahaman yang cukup mengenai penggunaan 
internet (Handphone) secara bijak sehingga memaksimalkan dampak positif dan meminimalkan 
dampak negatif dari berinternet (Handphone), sehingga tercipta siswa cerdas dan produktif," ucapnya. 

Program ini bertujuan meningkatkan pengetahuan pelajar SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta, mengenai pemanfaatan Handphone dan media sosial secara bijak, diharapkan dapat terhindar dari bahaya sisi negatif internet dan bermedia sosial dengan sehat, aman dan produktif sesuai dengan usianya," tandasnya.