Workshop Penguatan FPK ( Forum Pembauran Kebangsaan ) Antar Tokoh Masyarakat Kelurahan Wirobrajan

Yogyakarta,- Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Kelurahan Wirobrajan menggelar acara Penguatan Pembauran Kebangsaan antar tokoh masyarakat, etnis, suku golongan dan paguyuban se Kelurahan Wirobrajan, Rabu (15/03/2023).

Acara yang dilaksanakan oleh FPK di Gedung Serbaguna Kelurahan Wirobrajan itu ditujukan guna memperkuat pembauran kebangsaan bagi sesama tokoh masyarakat yang berasal dari beragam etnis, suku golongan dan paguyuban di Kelurahan Wirobrajan.

Ketua FPK Kelurahan Wirobrajan Parjiman dalam sambutannya menyebutkan, penguatan pembauran kebangsaan antar tokoh masyarakat di Kelurahan Wirobrajan dimaksudkan untuk mempererat silaturahmi dan kedekatan antar sesama warga masyarakat dari berbagai etnis, suku, golongan dan paguyuban yang ada di Kelurahan Wirobrajan," ucapnya. 

Sementara itu Ketua FPK Kemantren Wirobrajan Agoes mengatakan, FPK merupakan mitra pemerintah dalam rangka mewujudkan dan memupuk rasa kebangsaan di tengah masyarakat guna keutuhan bangsa dan negara ini.

"FPK ini bukan organisasi atau forum yang dibentuk asal-asalan, tetapi sebuah organisasi dengan tujuan yang jelas yang dibina langsung oleh pemerintah. Makanya dalam keberadaannya FPK di Kelurahan Wirobrajan ini harus mampu membaur di semua bidang, baik di bidang sosial, ekonomi dan budaya sesuai dengan porsinya masing," terangnya.

Sementara itu Sekertaris FPK Kota Yogyakarta Yosep Dappa Loka mengatakan, FPK sebagai wadah komunikasi antar berbagai etnis, suku golongan dan paguyuban diharapkan dapat berperan dalam menciptakan situasi dan kondisi yang kondusif dan rukun di tengah masyarakat.

"Peran FPK ini sangat penting apalagi mulai saat ini negara kita sudah memasuki tahapan Pemilihan Umum serentak yang akan digelar pada tahun 2024," ungkapnya.

Acara penguatan pembauran kebangsaan yang diselenggarakan oleh FPK Kelurahan Wirobrajan diikuti unsur tokoh masyarakat utusan dari berbagai etnis, suku golongan dan paguyuban se-kelurahan wirobrajan dan dihadiri oleh Lurah Kelurahan Wirobrajan Sri Suwardani, S.Sos, Babinsa Koramil 10/Wirobrajan Kodim 0734/Kota Yogyakarta, dan Bhabinkamtibmas Polsek Wirobrajan. Sedangkan nara sumber antara lain Sekertaris FPK Kota Yogyakarta, dan Ketua FPK Kemantren Wirobrajan.