Musrenbang Kemantren Wirobrajan

Yogyakarta, (14/02/2023)

Musrenbang tingkat Kemantren adalah suatu forum musyawarah antar pemangku kepentingan untuk membahas dan menyepakati langkah-langkah penanganan program kegiatan prioritas yang tercantum dalam Daftar Usulan Rencana Kegiatan Pembangunan Kelurahan yang diintegrasikan dengan prioritas pembangunan daerah.

Kemantren Wirobrajan Kota Yogyakarta melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tahun 2023 di Hotel Forriz Jln. Hos Cokroaminoto No.60 Kelurahan Pakuncen, Kemantren Wirobrajan Kota Yogyakarta. Selasa (14/02/2023).

Kegiatan ini dihadiri langsung Ketua Komisi A DPRD Kota Yogyakarta, Anggota DPRD kota yogyakarta (Dapil ll kemantren Wb), Kepala Bappeda Kota Yogyakarta, Kepala Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta, Kepala Dikdukcapil Kota Yogyakarta, Kepala Kesbangpol Kota Yogyakarta, Kepala pelaksana BPBD Kota Yogyakarta, Kepala Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta, Kepala Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta, Kepala DPUPKP Kota Yogyakarta, Kepala DP3AP2KB Kota Yogyakarta, Kepala Denperinkop UKM Kota Yogyakarta, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta, Mantri Pamong Praja Kemantren Wirobrajan, Danramil 10/ Wb, Kapolsek Wb( diwakilkan ), Lurah Se Kemantren Wirobrajan, Forkompinca Kemantren Wb, Kepala staf pol PP kota yogyakarta, PLKB Kemantren Wb dan peserta dari semua unsur Kemantren Wirobrajan.

Dalam sambutannya Dwi Candra Putra dari Komisi A DPRD Kota Yogyakarta menegaskan bahwa hasil dari pembahasan dan kesepakatan Musrenbang Kemantren ini, bisa digunakan sebagai bahan penyusunan rancangan akhir RKPD yang bertujuan untuk menetapkan arah kebijakan dan prioritas pembangunan daerah. 

Serta pastikan usulan program prioritas Kemantren terkait dengan tugas dan fungsi masing-masing OPD. Dimana telah ditentukan dan disepakati pilihan program-program kegiatan prioritas yang mendesak untuk dijadikan bahan dalam penyusunan Rancangan Akhir RKPD," ucapnya. 

Sementara itu, Mantri Pamong Praja Kemantren Wirobrajan Sarwanto S.I.P M.M mengungkapkan bahwa tujuan penyelenggaraan musrenbang tingkat Kemantren ini antara lain membahas dan menyepakati usulan rencana kegiatan pembangunan kelurahan yang menjadi kegiatan prioritas pembangunan di wilayah Kemantren Wirobrajan. 

Kegiatan Musrenbang ini juga membahas dan menyepakati kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan yang belum tercakup dalam prioritas kegiatan pembangunan kelurahan. “Dan menyepakati prioritas pembangunan di wilayah Kemantren berdasarkan tugas dan fungsi perangkat daerah", terangnya.