Musrenbang 2023 Kelurahan Wirobrajan dengan tema

Wirobrajan, 17/01/2023

Musrenbang merupakan singkatan dari Musyawarah Perencanaan Pembangunan. Kata musyawarah berasal dari Bahasa Arab yang menggambarkan bagaimana warga saling berdiskusi memecahkan masalah konflik dan juga problem di masyarakat. Musrenbang, oleh karena itu, identik dengan diksusi di masyarakat / kelurahan tentang kebutuhan pembangunan daerah.

Musrenbang merupakan agenda tahunan di mana warga saling bertemu mendiskusikan masalah yang mereka hadapi dan memutuskan prioritas pembangunan jangka pendek. Ketika prioritas telah tersusun, kemudian di usulkan kepada pemerintah di level yang lebih tinggi, dan melalui badan perencanaan (BAPPEDA) usulan masyarakat dikategorisasikan berdasar urusan dan alokasi anggaran. Musrenbang di kelurahan dilaksanakan selama bulan Januari.

Proses penganggaran partisipatif ini menyediakan ruang bagi masyarakat untuk menyuarakan kebutuhan mereka pada pihak pemerintah. Proses Musrenbang juga terjadi di leval kecamatan dan kota demikian pula di provinsi dan nasional. Musrenbang merupakan pendekatan bottom-up di mana suara warga bisa secara aktif mempengaruhi rencana anggaran kota dan bagaimana proyek-proyek pembangunan disusun.

Musrenbang 2023 untuk Tahun Anggaran 2024 Kelurahan Wirobrajan dilaksanakan di Aula Kampus III SMA Muhammadiyah 3 Wirobrajan dengan mengusung tema "Penguatan Kualitas Sumber Daya Manusia untuk Keberlanjutan Pembangunan Kota Yogyakarta". Kegiatan ini dihadiri oleh Mantri Pamong Praja Kemantren Wirobrajan bersama seluruh Kepala Jawatan Kemantren Wirobrajan, Lurah Wirobrajan bersama seluruh pegawai Kelurahan Wirobrajan, Kapolsek Wirobrajan, Danramil Wirobrajan, Kepala Puskesmas Wirobrajan, Kepala KUA Wirobrajan, Ketua LPMK Wirobrajan, Ketua Kampung Wirobrajan dan Ketua Kampung Ketanggungan, Ketua RW se-Kelurahan Wirobrajan, perwakilan Ketua RT se-Kelurahan Wirobrajan dan perwakilan Lembaga se-Kelurahan Wirobrajan.

Diharapkan dengan kegiatan Musrenbang ini mampu menampung dan merealisasikan usulan dari masyarakat Kelurahan Wirobrajan, mulai dari pekerjaan fisik wilayah sampai dengan pemberdayaan masyarakat di wilayah Kelurahan Wirobrajan, ujar Lurah Wirobrajan Sri Suwardani, S.Sos.