Pengukuhan Dan Simulasi Tanggap Bencana (KALTANA) Kelurahan Wirobrajan 

WIROBRAJAN-Bertempat di lapangan mancasan Kelurahan Wirobrajan dilaksanakan pengukuhan dan simulasi tanggap bencana Kaltana  (KelurahanTanggap Bencana), Jumat (11/11/2022).

Kegiatan simulasi ini dihadiri oleh Anggota Komisi A DPRD DIY, Kepala Pelaksana BPBD Propinsi DIY, Kepala Pelaksana BPBD Kota Yogyakarta, Mantri Pamong Praja Kemantren Wirobrajan, Komandan Koramil 10/Wirobrajan Kodim 0734/Kota Yogyakarta, Kepala KUA Kemantren Wirobrajan, Kepala Puskesmas Wirobrajan dan Lurah Kelurahan Wirobrajan, Babinsa Kelurahan Wirobrajan dan Babinkamtibmas Kelurahan Wirobrajan serta seluruh anggota Kaltana Kelurahan Wirobrajan.

Pengukuhan dan Simulasi Tanggap Bencana hari ini merupakan puncak dari pelatihan yang telah dilaksanakan 10 kali pertemuan bertempat di Gedung Serbaguna Kelurahan Wirobrajan," ucap Bapak Eko Anggota Komisi C DPRD Daerah Istimewa Yogyakarta. 

“Saya berharap setelah dikukuhkan Kaltana Wirobrajan tetap eksis dan menjaga kekompakkan kelompok, agar sewaktu waktu terjadi bencana siap untuk membantu masyarakat dalam penanganan bencana," pungkasnya. 

Mantri Pamong Praja Kemantren Wirobrajan Sarwanto S.I.P M.M dalam sambutannya menyampaikan bahwa “Kaltana Wirobrajan baru terbentuk, saya yakin dan percaya bahwa Kaltana Kelurahan Wirobrajan sudah siap menghadapi bencana. Setiap Kelurahan sudah terbentuk Kampung Tangguh Bencana (KTB), namun hendaknya bisa bersinergi dalam menghadapi bencana di Kelurahan Wirobrajan. Kita berharapa tidak ada bencana, namun ketika ada bencana entah itu angin puting beliung, gempa bumi, kebakaran dan bencana lainnya bisa segera siap untuk menanggulangi," tandasnya. 

Pengukuhan dan Simulasi Tanggap Bencana kali ini, secara simbolis diserahkan tas dengan tulisan Emergency Kit dan papan nama Kaltana, papan tulisan titik kumpul dan papan tulisan posko Kaltana oleh Kepala Pelaksana BPPD DIY dan diterima oleh Ketua Kaltana Kelurahan Wirobrajan.