Launching Batik Ketanggungan Dan Puncak Acara Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke 94

Yogyakarta,- Kekayaan produk khas Kampung Ketanggungan Kelurahan Wirobrajan Kota Yogyakarta kian bertambah, Itu menyusul launching produk batik Ketanggungan. Launching ini sekaligus bebarengan dengan puncak peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke 94 Tahun 2022 di Rw. 11 Ketanggungan Kulon Kelurahan Wirobrajan, Kemantren Wirobrajan di Halaman parkir SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta, (29/10/2022).

Mantri Pamong Praja Kemantren Wirobrajan mengatakan, batik Ketanggungan akan dijadikan icon Kemantren Wirobrajan. Terdapat dua warna dasar batik ini, yaitu coklat dan hitam,” terang Sarwanto S.I.P M.M di sela-sela puncak peringatan Hari Sumpah Pemuda Le 94 di Rw.11 Ketanggungan Kulon.

"Motif dasar batik sengaja menggunakan lambang bendera prajurit Ketanggung dan keris, alasan filosofi sebagai pertimbangannya. Sebagaimana diketahui, di Kelurahan Wirobrajan di masa kejayaan Kasultanan Ngayogyakarto Hadiningrat ada dua kelompok parajurit, yaitu prajurit wirobrojo dan prajurit ketanggung," jelasnya. 

Hadir dalam puncak peringatan hari  Sumpah Pemuda ke 94 tahun ini seluruh warga masyarakat RW 11 Kelurahan Wirobrajan. Di samping itu, Mantri Pamong Praja Kemantren Wirobrajan, Danramil 10/Wirobrajan di wakili Babinsa Kelurahan Wirobrajan, Kapolsek Wirobrajan, Kepala KUA Kemantren Wirobrajan, Lurah Kelurahan Wirobrajan, Kepala Sekolah Muhammadiyah 3 Wirobrajan, Kepala Sekolah Madrasah Mualimin, Kepala SD Tamansari 2 Wirobrajan juga turut menghadiri Launcing Batik Ketanggungan dan puncak Hari Sumpah Pemuda ke 94 Tahun 2022.