Pencanangan Kampung Pancasila Kemantren Wirobrajan

Kemantren Wirobrajan bersama Koramil 10/Wirobrajan Kodim 0734/Kota Yogyakarta memilih daerah yang dijadikan Kampung Pancasila dengan melihat tingkat toleransi agama yang tinggi, itu yang melatar belakangi dicanangkannya Kampung Wirobrajan sebagai Kampung Pancasila.

Kampung Pancasila itu sendiri adalah julukan untuk kelurahan yang dijadikan contoh penerapan nilai-nilai Pancasila. Kampung Wirobrajan sebagai Kampung Pancasila dicanangkan oleh Komandan Kodim 0734/Kota Yogyakarta yang diwakili oleh  Pasi Ter Kodim 0734/Kota Yogyakarta  di Gedung Serbaguna Kelurahan Wirobrajan, Kemantren Wirobrajan Kota Yogyakarta, Selasa (05/04/2022).

Mantri Pamong Praja Kemantren Wirobrajan Sarwanto, S.I.P, M.M menegaskan, dipilihnya kampung wirobrajan dijadikan Kampung Pancasila sudah sangat tepat, sebab warga kampung wirobrajan sangat majemuk, dengan tingkat toleransi yang sangat tinggi.

Dengan dicanangkan kampung wirobrajan sebagai Kampung Pancasila, diharapkan bisa menjadi contoh kampung - kampung yang lain dalam penerapan nilai - nilai  luhur Pancasila dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat," jelasnya.

Pasi Ter Kodim 0734/Kota Yogyakarta Mayor Inf Dodik dalam sambutannya mengatakan, hasil yang diharapkan dari adanya program Kampung Pancasila adalah meningkatnya kecerdasan kehidupan bangsa. Proses interpretasi, internalisasi, dan aktualisasi Pancasila akan membentuk pribadi yang unggul.

"Pengembangan budaya melalui Pancasila juga akan menghasilkan kecerdasan spiritual, serta saling toleransi antar umat beragama. Lalu, pengembangan kehidupan sosial juga akan menghasilkan kecerdasan emosional dan kecerdasan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara," pungkasnya.

Hadir dalam Kegiatan : 
1. Dandim 0734/Kota Yka diwakilkan Pasiter Kodim 0734/Kota Yka. 
2. Mantri Pamong Praja Kemantren Wirobrajan.
3. Danramil 10/Wirobrajan.
4. Kapolsek Wirobrajan. 
5. Kepala KUA Wirobrajan.
6. Lurah Wirobrajan.
7. Kepala Jawatan Praja Kemantren Wirobrajan. 
8. Kepala Jawatan Kemantren Wirobrajan. 
9. Ketua LPMK Kel. Wirobrajan. 
10. Ketua Kampung Wirobrajan dan Ketanggungan.
11. Ketua RW. 1 s/d 7 Kel. Wirobrajan. 
12. Pengurus FPK Kel. Wirobrajan.
13. BKO Satpol PP Kemantren Wirobrajan.
14. Perwakilan Antar Umat Beragama dan Antar Etnis Se-Kel. Wirobrajan.