Pelatihan Lele Cendol

Kamis (22/10/2020)

Pelatihan lele cendol dilaksanakan selama 2 hari pada tanggal 20 dan 21 Oktober 2020, dimana dilakukan pada jam 09.00 - 13.00 yang bertempat di Gedung Serba Guna Kelurahan Wirobrajan dengan diikuti 48 peserta. Pelatihan dibagi dalam dua sesi untuk mematuhi protokol kesehatan.

Pelatihan dibuka oleh Camat Wirobrajan Bapak Sarwanto, SIP., MM. didampingi oleh Plt Lurah Wirobrajan Ibu Sri Suwardani, S.Sos. dan Ketua LPMK Kelurahan Wirobrajan Juharnomo, ST. Selaku instruktur yaitu Bapak Kristanto Darmawan memberikan penjelasan terkait budidaya lele dengan tempat terbatas yang dinamakan budidaya lele cendol. Beliau memberikan contoh apabila menggunakan tempat air tong biru 200 liter dan bibit lele diisi 220 ekor.

Pada hari 1 dilaksanakan secara teori sedangkan pada hari ke 2 dilaksanakan secara praktik. Bapak Kristanto Darmawan menegaskan bahwa beliau akan mendampingi warga dari mulai penyiapan media air, tebar benih lele, perawatan serta pemanenan lele. Bahkan beliau bisa membantu untuk menampung lele hasil panen warga jika hasil panen tersebut tidak laku dijual di warga sekitar.

Kelurahan Wirobrajan berharap dengan adanya pelatihan para peserta memiliki bekal pengetahuan langsung dari ahlinya, sehingga masyarakat sekitar dapat meningkatkan ketahanan pangan keluarga.